Al-Hikam, bait cahaya

February 4, 2009 § Leave a comment

Membaca Al-Hikam karya Ibn Athaillah seperti membaca irama yang penuh kesejukan. Saya menyebutnya “bait cahaya” dan “mutiara kata”. Saya membaca terjemahan Penerbit Serambi dari buku The Wisdom of Ibn ‘Ata Allah, yang merupakan terjemahan dari edisi arab Kitab Al-Hikam dengan ulasan Syekh Fadhlalla Haeri.

Benang merah semua butir dalam Al-Hikam adalah bahwa kita selalu diingatkan untuk melihat Allah di depan, di dalam dan di balik segala sesuatu dalam kehidupan kita. Bahwa dengan bersandar kepada Allah, hidup kita Insya Allah akan terasa tanpa beban, penuh kerendahan hati. Bahwa jika langkah kita niatkan untuk Allah semata, maka Insya Allah kita menjalani kehidupan dengan rasa percaya diri dan berserah terhadap kemudahan dan pertolongan Allah.

Bagi saya, Al-Hikam adalah penyejuk hati, sumber inspirasi, dan obat yang memberikan ketenangan dan semangat baru tiap kali membaca bait-baitnya. Ulasan Syekh Fadhlalla memperkaya dan mengantar tiap baitnya pada kita.

Berikut petikan Al-Hikam beserta ulasan Syekh Fadhlalla.

# 52

Allah memberimu inspirasi agar kepada-Nya engkau mendekati.

Ilham sejati mengalir tanpa sebab yang nyata dan mengantarmu menuju Allah dengan kerendahan hati. Hanya karena rahmat-Nya, kita menyadari keesaan-Nya dan datang menuju kehadiran-Nya. Amal yang dipersembahkan demi Allah yang muncul dari hati yang murni akan mengantarmu dari melihat diri dalam tindakan menuju penyaksian cahaya Allah di balik semua tindakan dan niat.

# 38

Janganlah cita-citamu tertuju kepada selain Allah. Harapan seseorang tak akan dapat melampaui Yang Maha Pemurah.

Barangsiapa yang mencapai pantai tauhid maka ia akan membatasi seluruh niat dan perhatiannya pada samudra Allah… Dialah pemberi nafkah dan sumber seluruh rahmat, karunia, serta tidak sesuatupun bisa melampaui ataupun menguasainya.

# 39

Jangan memohon kepada selain Allah karena Dialah yang memenuhi hajatmu. Bagaimana sesuatu selain-Nya bisa mengubah sesuatu yang sudah ditetapkan-Nya? Dan bagaimana orang yang tak mampu membebaskan dirinya dari kebutuhan dapat membebaskan kebutuhan orang lain?

Hanya karena keputusan Allah kita mengalami sempit dan lapang. Kebutuhan dalam berbagai levelnya, baik fisik, emosional, maupun spiritual merupakan pesan-pesan Allah yang tersandikan dan menuntut perhatian serta kesadaran sehingga kita memohon pertolongan-Nya…

# 42

Pergilah dari alam-alam menuju Sang Pencipta alam. “Dan kepada Tuhanmu-lah kesudahan segala sesuatu” …sabda Rasulullah SAW, “Barangsiapa berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Sedangkan barangsiapa berhijrah karena dunia yang ingin diraihnya, atau wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya kepada apa yang dia inginkan. (HR Al-Bukhari).

Siapa engkau serta apa yang engkau alami bergantung pada niat, amal, teman, seluruh potensi dan kesungguhan hatimu. Jika tujuan dan keinginan kita yang sesungguhnya adalah pengetahuan tentang Al-Haqq, maka perjalanan kita akan menyingkap tabir-tabir dan menghilangkan rintangan-rintangan sampai kita tiba ke sumber serta asalnya. Rahmat Allah selalu mencerminkan tingkat kemurnian dan keteguhan hati kita dalam berniat serta bertindak…

# 153

Ada cahaya yang menyingkapkan bagimu benda-benda ciptaan. Ada pula cahaya yang menyingkapkan bagimu sifat-sifat Allah.

Salik memandang perwujudan makhluk, alam kekuatan, kejadian-kejadian, serta perubahan-perubahan sebagai jejak-jejak atau bayang-bayang dari Sumber dan Zat yang Esa. Laksana cahaya dalam hati, ini berkaitan dengan sifat-sifat dan nama-namanya. Orang dapat merasakan kestabilan dan kebersinambungan padahal semua makhluk akan berubah serta lenyap.

Advertisements

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Al-Hikam, bait cahaya at Docere.

meta

%d bloggers like this: