docere over coffee

January 17, 2009 § 2 Comments

Ini bukan sekedar tempat publik untuk menaruh catatan harian pribadi. Ini adalah tempat berekspresi. Tempat menaruh memoar cinta dan kehidupan. Kawan-kawanku mendatangi tempat ini dari waktu ke waktu untuk menikmati aliran kata-kata dan rasa yang menyertainya.

Ini bukan tempat untuk sekedar bercerita, ini tempat di mana aku menghibur, membelai jiwa-jiwa yang nyaris mati rasa.

**

Hari ini dengan seorang teman aku keluar pertama kalinya setelah suntuk sekian lama bekerja. Bukan beban pekerjaannya yang menjadi masalah, cuma memang pekerjaan yang aku lakukan adalah tipe pekerjaan yang serius. Jadi relaksasi dari waktu ke waktu penting untuk dilakukan.

Lalu tentu saja kami berhenti di sebuah tempat minum kopi yang lumayan tenang di sebuah mal yang lumayan tenang pula. Pembicaraan yang bukan hanya sekedar cerita-cerita, tapi sedikit suplemen buat otak. Di satu titik aku berpikir, dari caramel macchiato dan cappucino bisa lahir ide brilian, tulisan hebat, think tank!

Mungkin atmosfer bohemian yang menginspirasiku. Bahwa kita bisa berpakaian seperti apapun (tampilan agak casual-hippie, dengan jeans, sendal, sling bag, t-shirt dan syal),bertemu siapapun, berpikir tentang apapun, bicara apapun dan menulis tentang apapun. Bahwa dari sebuah tempat ngopi, lahir pemikiran, strategi dan semangat baru.

Lalu saat itu terlintas, “so much comes out just from a talk over coffee”. Dan lahirlah jargon yang simbolik untukku, “over coffee”.

Cuma, sepertinya pengorbanan besar untuk mengganti “docere” dengan “over coffee”. Filosofi docere adalah makna kata dasar bahasa latin tersebut, yang diterjemahkan sebagai “to teach”. Dan bagiku, mengajar bukan menggurui atau menuturi (“to dictate”), tapi menyibakkan, menyingkap (“to unveil”). Menyingkap apa yang telah dan bisa kita ketahui.

Docere for me means unveiling the knowledge, wisdom and power that is within us; that is closed from our sight before we unveil the layers covering them.And that word, being the root word of an existence that means a lot to me, is not easy to let go.

And yet, this unveiling, is again what can be done over coffee. It takes a clear mind, a free floating discussion with enthusiasm and passion, and all of us can have a “docere over coffee”.

Advertisements

Tagged:

§ 2 Responses to docere over coffee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading docere over coffee at Docere.

meta

%d bloggers like this: