Berantem ma Russians!

August 26, 2005 § Leave a comment

Waa… gila, 3 hari yang lalu aku sempet berantem ama volunteer Rusia di camp ini, gara2 anak2 rusia, 2 orang di tim-ku kabur pas kita harusnya nyuci piring dan bersihin dapur bareng. aku dtinggal sendirian, mesti nyuci panci2 berminyak. dan mereka ngetawain aku, pake bahasa rusia segala. waduh, berat nih kalo gini. aku jelas ga terima dan akhirnya marah2 ke mereka, dengan nada tinggi tentunya.

aku cuma pengen mereka nyadar kalo mereka ga bisa memperlakukan orang laen seenaknya, dan harus menghormati aku. ini soal harga diri dan tanggung jawab.

Napoli Work Camp

August 22, 2005 § 2 Comments

Dear everyone.
I’ve been in napoli for four days now. in grumo nevano to be exact, 10 minutes by train from napoli.
this is a renovation workcamp. we have to renovate this immigrant center, where we also stay in.
Grumo nevano is a suburban town packed with a lot of immigrants, mostly from Morocco. the immigrant center, Astalli Sud is actually a place to help them integrate better to the society.
the place is very good, but lot of work needed to be dont for the front facade.
anyway, it’s very strange. we have only 2 asians, me and a guy from japan. also 3 russians!!! the rest are from turki, hungary, mexicp and spain.
the best thing is that this group have a lot of interest for important issues like cultural diversity and immigration so we talk a lot about em.
there have been some issues that come up because some volunteers are putting holiday before the work. but it’s only been four days, so we’ll see how it goes….
wish me luck people, i hope that all will go well.
Bubbye for now

The whole europe thing…

August 17, 2005 § Leave a comment

kemaren aku sampe rumah lumayan malem, jam 8. trus langsung bongkar tas, masukin baju kotor ke mesin cuci, dan bikin makan malem.
Hehe… susah dipercaya. setelah 5 hari berturut2 makan tuna kaleng, semalem aku masih dengan semangat masak tuna ama kentang.
Capek tiada terkira, tapi alhamdulillah aku masi semangat.

Aku bersyukur banget di proyekku ini waktuku kebagi jadi beberapa bagian.
pertama di paris.
trus di roma 2 minggu, plus kerja di Albatross ama anak2.
trus jalan2 ke Venice dAN Florence
trus sekarang ke napoli dua minggu, di frattamagiore, kota kecil.
kalo gini alhamdulillah aku bisa liat Itali bagian utara, Roma ("batas"-nya) dan selatan, di mana semuanya beda secara kultural. menyenangkan…

dengan waktu yang kebagi gini, waktu yang panjang ga terasa mbosenin (lima minggu di Italy, hmmm…), soalnya aku ngeliat program n kegiatanku mesti dikerjain dalam waktu singkat, jadi bisa lebih produktif dan efektif, insya allah.

Kemaren aku nuker jadwal kereta ke napoli hari ini jadi jam 10.30, biar aku sempet ngeringin cucian… padahal rencanaku tadinya berangkat jam 8 pagi. gatau deh, tadi aku cek masi ada yang belum kering. mungkin kalo kepepet jemurnya diterusin di frattamagiore aja.

mungkin dua minggu ini akses internet agak tersendat, aku belum tau.
Buat yang kangen berat ma aku (hehehehehehehehe) boleh langsung sms. nomer tetep sama kok….

Hugs 4 everyone, Luv ya All

ferragusto and my holiday

August 17, 2005 § Leave a comment

Suratku buat temen2 AEYVE lewat milis

Hi everyone...

I just got back from my road trip to venice, florence
and pisa. heh... it's Ferragusto, italian traditional
holiday, so everyone IS on holiday with their family,
and there's nothing I can do other than adapt myself
to italian culture, and have a road trip to the north
on my own.

Wow, listening to your stories... amazing. I'm glad we
all experience very different things. It will be great
when we all meet and share everything.

I'm quite surprised to see that some of you really put
a frame on this intercultural learning, because
obviously i  didnt see it that way. Maybe because I
havent been to a workcamp yet. Tomorrow will be my
first day of WC.

For me, the past three weeks has been an intercultural
learning altogether, from working with children to
meeting people during my trip to Venice and just talk
with them. I have also lots of leisure time
discussions with people in the office, and do some
studying about italian history and culture. It's been
amazing so far. By putting myself in a position where
I'm learning instead of teaching, I can be open minded
about all the "strange" things happening around me.

Communication is definitely a big thing. You have to
do it to survive. I can understand the difficulty that
Rieke faced in her camp. I was a bit lucky that being
in Italy, the locals always utilize big dose of hand
gestures and facial expression. so even if i dont get
the words, I still get the message.

About the pork thing, Romla, have u told them that you
dont eat pork for religious reason? You can always ask
for bread or somethin else. Cooking them feel strange?
Just consider yourself serving the community, that
shouldnt be difficult, as long as you keep your
personal principles.

To Julie, yeah. I mean, kids in general are total
havoc for order, haha... Here, I've been kicked, hit,
bitten, spitted at. But amazing. When it's time for
our picture together, they lovingly hug me like a long
lost sister. can u believe that? Find your comfort
level with them. From my experience, they just want
someone who'll play with them and give them some
respect; and also some discipline when they cross the
line.

the good thing i feel, is that the more people stare
at me for my being indegenous, the more comfortable i
am with myself. if they stare too long I usually stare
back at them with a clear message in my eyes, "what's
ur problem???". and then they'd look away. haha...

anyway, keep posting guys. wish me luck with my one
and only workcamp!!!

Quik report on Venice, Pisa, Florence

August 17, 2005 § Leave a comment

alhamdulillah,
aku kembali menginjakkan kaki di rumah (kantor YAP Roma) setelah berkeliling daerah utara Itali sendirian selama 5 hari.
Ga lepas dari obsesiku sebelum berangkat, liat menara Pisa dan Venice. Alhamdulillah sekarang dah kesampean untuk yang pertama kali…

Aku di Venice 2 malem, nginep di camping ground dan dapet tenda sendiri.
Trus ke Florence dan nginep semalem, besoknya ke Pisa pulang balik. Malemnya nginep di Florence lagi, dan hari ini balik ke Roma.

Besok Insya allah aku jalan lagi ke Napoli, tapi kali ini bukan buat jalan2. kali ini aku ikutan work camp bareng 12 orang laennya di Frattamaggiore, kota kecil di utara Napoli. aku antusias banget nunggu camp ini, karena aku bisa ketemu lebih banyak orang dan yang paling penting, tinggal di tempat baru!!! dengan pindah2 gini aku ngrasa lebih produktif karena aku berada di kerangka waktu yang terbatas, jadi apapun yang aku lakuin mesti bermanfaat. tiap detik begitu bernilai…

tentang Venice dan Florence… aduh, banyak banget yang aku alamin ampe aku bingung mau mulai cerita darimana. tapi aku coba deh…

12-13 Agustus
Aku naek kreta dari Roma jam 11 malem, dan nunggu di stasiun 3 jam lebih karena aku juga ga mau kemaleman berangkat dari rumah. Sampe di Venice jam 5.30 pagi, dan langsung ngantre ke penitipan barang di stasiun, soalnya aku baru check in ke camp sorenya. begitu keluar stasiun… wow… the most amazing thing. I couldnt believe i was in venice… langsung disambut AIR!!! Bau air kanal yang kayak air laut, dan kapal2 yang masi diparkir… Matahari baru aja  terbit… Huaaaa……. aku mondar mandir di depan stasiun agak lama.
Abis itu aku jalan kaki ke berbagai tempat turis dengan berbekal biskuit dan peta. Cara lain buat keliaran adalah dengan vaporetto ato water bus, kayak feri kecil yang brenti di "halte" sepanjang Grand Canal dan pesisir Venice.

Tapi satu hal… Venice adalah tempat yang harus dinikmati ama keluarga. Ato suami (heh he…). beda ama Roma yang ga bakal selese kita jelajahin sendiri, kita bakal terlalu asik ama  reruntuhan yang kita liat. Tapi Venice… mesti dibagi ama orang laen yang jalan ama kita. dan sayangnya aku jalan sendirian. tapi gapapa. ini aja udah jadi momen yang menakjubkan banget.

Sorenya aku ke camp dan masuk ke tendaku. aku harusnya bedua ma orang lain, makanya malem itu aku was was banget, ga bisa tidur nyenyak karna cemas, siapa yang bakal masuk dan jadi roommate-ku. ampe pagi aku tetep sendirian, baguslah…

14 Agustus
Aku jalan dengan misi utama, nemuin Ospidale Civile, satu2nya rumah sakit di Venice. aku naek vaporetto di jalur yang jarang dipake turis, dan hepi banget pas liat AMBULANS Venice,  yaitu speedboat! hahahaa…. puas. Trus aku masuk ke rumah sakitnya, dan keliaran, untung ga diusir. tapi cuma sepanjang koridor aja. sepi. trus aku keluar lagi dan muterin RS karna menurut peta ada gereja terkenal di belakang RS. aku jalan dan kaget banget pas tau bahwa bagian depan RS rupanya nempel ama nih gereja tua. dan bagian depan RS ini sendiri penuh dengan ukiran kuno dari marmer yang suer, keren banget.
Abis foto2 aku keliaran lagi dan nyasar2. akhirnya… dengan buntutin turis aku berhasil sampe ke tempat yang kucari. abis kecapekan jalan2, aku naek vaporetto bolak balik sepanjang Grand Canal (kurang kerjaan banget kan…) trus akhirnya mutusin ke Murano, pulau kecil di utara Venice yang terkenal sbg penghasil kerajinan gelas kaca.

Selese liat2 Murano aku balik ke Venice dan ngantre di stasiun buat tiket ke Florence. Trus… ke terminal, nunggu shuttle bus ke camp. Di bis… aku kenalan ama cewek Inggris, namanya Marina, dan kita ngobrol sepanjang jalan. Di camp janjian, abis makan n beberes mau ketemuan lagi. akhirnya malem itu aku maen ke tendanya dan kita ngobrol lumayan lama. soal keluarga, Itali, temen2nya di kedokteran, terorisme (hehe, ini topik favoritku, ama agama juga), macem2 deh.

15 Agustus
Paginya aku ngabisin waktu di depan stasiun, nulis jurnal sambil ngeliatin orang dan gondola lewat… siangnya aku berangkat ke Florence.

Di Florence aku langsung naek bis dari stasiun ke camp. abis check in aku jalan kaki ke pusat kota, tapi ga sempet liat banyak.

16 Agustus
Aku berangkat pagi ke stasiun dan naek kereta ke Pisa. Di stasiun Pisa naek bis langsung ke kompleks Maria dei Miracoeli, kompleks menara Pisa, katedral n museum. abis mikir lama banget, akhirnya aku mutusin naek menara Pisa!
Siangnya balik ke Florence.
Di Florence aku langsung jalan2 ke pusat2 turis, keliling ke sebanyak mungkin tempat. ambisius banget.
Malemnya bobo cepet di tenda tercinta, kecapekan.

17 Agustus
Pagi nongkrong lama di Piazzale Michelangelo. Liat pemandangan luar biasa ke kota Florence, sambil nulis jurnal tercinta.
Siangnya ke kota lagi dan nongkrong di piazza. trus… ke stasiun dan balik deh ke roma…

Absorbing the Culture and take Vacation !!!

August 12, 2005 § Leave a comment

People of Italy have a huge vacation day called Ferragusto on 15 August, so that’s exactly the part of culture I’m learning about.
I’m going also for a holiday trip to Venice, Florence and Pisa using train. I’m going for 5 days, 4 nights will be spent in a camping ground.

I’ve packed my bags and m train will leave at 11 pm toninght.
I dont bring much.
some T Shirts, sleeping bag, bread and biscuits, jacket, umbrella, guidebook, maps, journal, sandals.

So, wish me luck and safe trip everyone!

Nonton Band di Castel St Angelo

August 11, 2005 § Leave a comment

Aku semalem ke Castel St. Angelo ama Marinela n satunya, khusus buat nonton Irish music. Rupanya summer ini tiap malem ada pertunjukan di St Angelo kalo malem, mulai jam 9 ampe 12 malem. ada kabaret, teater, musik; jadi selain liat museum kita juga bisa menikmati pertunjukan2 itu. Tiket masuknya standar aja, harga museum eropa.

Yang maen musik semalem FIM (payah sih namanya, Female Irish Music, basiiii….)

Wah… amazing. Castel-nya sih biasa tapi musiknya yang luar biasa. Mereka pake biola, flute, gitar, bohdran, ama akordeon.  Cewek semua kecuali additional musician si pemaen akordeon.
Mereka maen tiap kali selama 30 menit trus break 15 menit, n abis itu mulai lagi. lagunya beda2, tapi ada yang diulang. dan saking rindunya aku ama musik bagus, aku nonton show mreka 3 kali berturut2. wow… keren.

Yah, biasa sih, khas pemusik. Talenta dan insting musik luar biasa, alat bersuara bening dan berkualitas tinggi, sound system yang oke banget, akustik yang bagus dari dinding castel st angelo, dan lagu yang keren.

Waktu dengerin musik asik banget, tapi yang bikin aku hepi adalah ngobrol ama mereka abis mereka selese maen. Orang itali, tapi bisa english karena mereka tiap taun ke irlandia, maen n belajar musik di sana. aku datengin gitarisnya, dan bilang kalo mereka keren. trus langsung ember aja, bilang kalo aku dari indo, kesini buat voluntary work ama YAP. dan yang  mengesankan adalah… gitaris ini juga dulu volunteer yap, dia workcamp di Portugal 2 minggu taun 98. wow… trus aku bilang aku maen gitar juga. dan aku ngajak dia foto. dia nawarin kita pose ama gitarnya, dan ngasi ke aku. heh he…. trus kita foto deh.

Huaa… ini namanya musicianship dan musical solidarity… hueh, apaan coba. pokoknya semalem aku hepi banget deh. entah musiknya, entah karna ngobrol ama si artis, ato… karena the magical nuance of Castel St Angelo….

Where Am I?

You are currently viewing the archives for August, 2005 at Docere.